Inilah Penyebab Telapak Tangan Sering Gatal dan Panas?

Inilah Penyebab Telapak Tangan Sering Gatal dan Panas?

Banyak orang yang percaya, jika telapak tangan terasa gatal berarti pertanda rezeki akan datang kepada Anda. Tapi pernahkah Anda berpikir, telapak tangan sering gatal dan panas dikarenakan adanya masalah kesehatan tertentu? Tentu Anda tidak mengiranya, ayo coba kita cari tahu penyebab telapak tangan sering gatal dan panas.

Tangan Gatal

Penyebab telapak tangan gatal dan panas

Tangan adalah salah satu organ tubuh yang paling sering digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Tangan digunakan mulai dari menulis, mencuci, mengetik serta kegiatan fisik lainnya. Tentu terkadang tangan Anda akan terasa gatal sehingga akan menggaruk atau mengusapnya untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Tetapi setelah menggaruknya, bukannya bertambah baik malah akan semakin gatal dan menimbulkan sensasi panas.

Inilah beberapa penyebab telapak tangan sering gatal dan panas, antara lain:

  • Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom carpal tunnel adalah kondisi yang membuat tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, nyeri, atau lemah. Sindrom ini terjadi ketika saraf di dalam pergelangan tangan terhimpit atau tertekan. Gejala ini biasanya sering terjadi pada malam hari.

Untuk mencegah gejala tersebut, Anda dapat menghindari aktivitas yang menyebabkan tangan melakukan gerakan secara berulang terus-menerus. Jika sudah mengganggu Anda beraktivitas, dokter akan merekomendasikan penyangga pergelangan tangan atau proses pembedahan untuk mengurangi tekanan pada saraf.

  • Sirosis Bilier Primer (PCB)

Sirosis bilier primer atau Primary Biliary Cirrhosis (PBC) adalah kondisi ketika saluran empedu di hati meradang atau tersumbat. Empedu adalah cairan yang diproduksi oleh hati. Empedu berperan penting dalam pencernaan makanan, menyaring sel darah merah, kolestrol dan racun. Saluran empedu yang rusak dapat menimbulkan gejala seperti telapak tangan terasa gatal dan muncul sensasi panas disertai bercak.

Ada juga kondisi lain yang mungkin dialami, contohnya nyeri tulang, diare, mual, urin gelap, kelelahan, mudah memar dan jaundice (berubahnya warna kulit, kuku, dan putih mata menjadi kuning). Jika periksa ke dokter akan diberikan Cholestyramine (Questran) untuk mengurangi rasa gatal, serta menjalani perawatan lain agar kerusakan hati tidak bertambah parah.

  • Diabetes

Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa 11,3% penderita diabetes mengalami kulit gatal juga. Rasa gatal dapat terjadi di semua bagian tubuh, tetapi sering terjadi pada telapak tangan dan kaki. Hal ini dapat disebabkan karena penyakit sudah mengalami komplikasi pada hati dan ginjal atau telah terjadi kerusakan saraf pada tangan (diabetik neuropati).

Untuk mengatasi telapak tangan gatal dan panas karena diabetes adalah dengan menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Anda juga dapat mengikuti pengobatan dan mengonsumsi obat-obatan yang disarankan oleh dokter, serta menerapkan pola hidup sehat.

  • Alergi Obat

Bagi sebagian orang dan poker online terpercaya, ada yang mengalami alergi jenis obat tertentu sehingga dapat menimbulkan rasa gatal lebih tinggi pada bagian telapak tangan dan kaki daripada bagian tubuh lainnya ketika mengonsumsi salah obat. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah berhenti mengonsumsi obat itu, dan periksalah ke dokter untuk mendapatkan obat yang cocok dengan kondisi tubuh Anda.

  • Reaksi Alergi

Penyebab lain telapak tangan terasa panas dan gatal adalah reaksi alergi dari paparan bahan iritan. Reaksinya akan berlangsung selama 2 sampai 4 hari setelah Anda terpapar. Kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan Dermatitis Kontak. Beberapa hal yang dapat menimbulkan alergi seperti, logam, sabun, disinfektan, debu, dan parfum. Untuk mencegah gatal kembali, hindarilah alergen, serta oleskan krim yang mengandung menthol antihistamin untuk meredakan rasa gatal.

  • Eksim

Eksim adalah jenis penyakit kulit yang dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan. Penyakit ini tidak bersifat menular. Eksim menyebabkan telapak tangan menjadi gatal, memerah, kering dan pecah-pecah. Adapun jenis eksim dishidrotik (dishidrosis), menyebabkan kulit di permukaan tangan yang gatal menjadi melepuh.

Baca Juga : Mana yang Lebih Sehat Antara Jagung, Nasi Putih, dan Kentang Bagi Penderita Diabetes?

Untuk meredakan gejalanya, Anda dapat menghindari paparan pemicu, contohnya gunakan sarung tangan. Lalu jagalah kebersihan tangan, memakai pelembap, dan krim antigatal, serta tetap menjaga telapak tangan supaya tetap kering.

Itulah beberapa penyebab telapak tangan terasa gatal dan panas. Jika rasa gatal dan sensasi panas ini sudah terasa mengganggu, sebaiknya segeralah periksa ke dokter. Untuk mencegah kondisi semakin parah dan mendapatkan obat meredakan rasa gatal.

Spread the love
Info Sehat