Mana yang Lebih Sehat Antara Jagung, Nasi Putih, dan Kentang  Bagi Penderita Diabetes?

Mana yang Lebih Sehat Antara Jagung, Nasi Putih, dan Kentang Bagi Penderita Diabetes?

Bagi penderita diabetes, tentu harus menjaga kadar gula dalam darah dalam kondisi stabil, sehingga diabetes tidak bertambah buruk dan berisiko komplikasi. Hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh penderita diabetes adalah makanan khususnya makanan pokok. Selektif dalam memilih makanan merupakan salah satu cara mencegah kadar gula darah naik.

Diabetes

Makanan bagi penderita diabetes harus memiliki indeks glikemik rendah

Indeks Glikemik (IG) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengindikasi seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan idn poker dapat diubah menjadi gula (glukosa) oleh tubuh manusia yang digunakan sebagai energi. Ukuran ini berupa skala dari 0-100. Contohnya, pada gula pasir memiliki angka indeks glikemik 100, ini berarti karbohidrat dalam gula murni sangat cepat diubah oleh tubuh menjadi gula untuk energi bagi tubuh.

Indeks glikemik juga dapat menginformasikan bagaimana pengaruh makanan terhadap kadar gula darah dan insulin. Semakin rendah nilai indeks glikemik maka akan semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin dan kadar gula darah. Hal inilah yang merupakan alasan kenapa penderita diabetes harus mengonsumsi makanan yang indeks glikemiknya rendah.

Biasanya makanan yang berkarbohidrat memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi. Umumnya makanan pokok seperti jagung, nasi putih, dan kentang termasuk makanan tinggi karbohidrat. Oleh karena itu, mana yang lebih sehat antara jagung, nasi putih, dan kentang bagi penderita diabetes?

Makanan untuk penderita diabetes mana yang paling sehat antara jagung, nasi putih, dan kentang?

Sebelum menentukan mana yang paling sehat di antara jagung, nasi putih, kentang bagi penderita diabetes, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu nilai indeks glikemik yang terkandung di dalamnya. Perlu diingat, semakin tinggi angka indeks glikemik, semakin tinggi juga kemampuannya untuk meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Indeks glikemik dinyatakan rendah jika berada di bawah angka 55, sedang jika berada antara angka 56-69, dan tinggi jika berada di atas angka 70. Pada 150 gram kentang memiliki nilai indeks glikemik 82, pada jagung 48, serta pada nasi putih adalah 72. Nilai indeks glikemik ini berdasarkan dari tabel nilai IG dari Harvard Medical School. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jagung adalah makanan pokok yang memiliki nilai IG terendah di antara ketiganya.

Perhatikan juga beban glikemiknya

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah beban glikemik karena juga berpengaruh pada kadar gula darah. Beban glikemik lebih terfokus pada seberapa besar karbohidrat yang diserap oleh tubuh dari makanan. Dengan kata lain, semakin banyak porsi makanan berkarbohidrat yang Anda konsumsi, semakin besar juga beban glikemik yang diterima tubuh Anda.

Beban glikemik pada 150 gram kentang adalah sebesar 21, jagung sebesar 14, dan nasi putih sebesar 29. Ini adalah perbandingan beban glikemik di antara kentang, jagung, dan nasi putih berdasarkan tabel nilai IG dari Harvard Medical  school. Semakin rendah beban glikemik pada suatu makanan, semakin baik bagi gula darah Anda. Jadi jagung merupakan makanan pokok yang rendah beban glikemiknya.

Untuk menentukan beban glikemik dari suatu makanan, kita perlu mengetahui indeks glikemik dan jumlah karbohidrat yang dimiliki oleh makanan tersebut. Contohnya, wortel memiliki nilai indeks glikemik sebesar 49 dan pada 100 gram wortel yang dimasak, mengandung 10 gram karbohidrat. Sehingga beban glikemik yang dimiliki wortel adalah 10 x 49 / 100 = 4,9.

Baca Juga : Perut Sakit Setelah Mengonsumsi Makanan Pedas? Ini Cara Mengatasinya

Jagung adalah makanan pokok paling sehat bagi penderita diabetes

Menurut Dr. Artemio Salazar, profesor dari University of Philippines Los Banos, menjelaskan bahwa jagung merupakan makanan pokok yang sehat bagi penderita diabetes. Karena pada jagung memiliki kandungan amilosa yang lebih tinggi dibandingkan beras. Serat dari jagung akan dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga gula darah tetap terjaga.

Banyak peneliti medis juga mengatakan mengonsumsi jagung secara teratur dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh lebih baik. Nah teman-teman, sekarang sudah tahukan jawabannya, mana yang lebih sehat di antara kentang, jagung dan nasi putih?. Jagung adalah makanan yang baik bagi penderita diabetes.

Spread the love
Penyakit