Masalah Dalam Kesehatan Indonesia

Masalah Dalam Kesehatan Indonesia

Hello happy people, bagaimana kabar anda? Semoga baik dan akan selalu baik ya! jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya! walaupun anda sibuk di kantor!

Kesehatan Indonesia Terbaru

Masalah Dalam Kesehatan

Berbicara mengenai kesehatan, apakah anda tahu masalah-masalah yang terdapat dalam kesehatan. Jika anda belum mengetahuinya, anda harus membaca artikel ini, karena dalam artikel kali ini akan menjelaskan mengenai masalah-masalah yang terdapat dalam kesehatan terutama di negara kita.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang terdapat di Indonesia.

1. Gangguan Jiwa

Indonesia memiliki kuantitas pengidap gangguan jiwa yang cukup banyak. Kurang lebih sekitar 14 juta jiwa. Hal ini membuat gangguan jiwa menjadi masalah kesehatan di Indonesia yang memerlukan perhatian khusus guna menekan peningkatan jumlahnya.
Jika Indonesia masih banyak orang yang menderita gangguan jiwa, maka akan mempengaruhi produktivitas serta kualitas masyarakat serta berdampak buruk terhadao daya saing bangsa Indonesia dikancah internasional.

2. Penyakit Tidak Menular

Penyakit yang tidak menular seperti hipertensi, kanker, dan penyakit yang tidak menular lainnya hingga saat ini masih terus menghantui rakyat Indonesia. Pendidikan tentang kesehatan secara rutin serta terstruktur merupakan solusi untuk menekan peningkatan jumlah penderita penyakit tersbeut. Dan juga masyarakat dihimbau agar selalu menerapkan pola hidup sehat.

3.Penyakit Menular

Contoh dari penyakit menular seperti DBD, Malaria, leptospirosis, flu babi, hingga HIV yang marak diperbincangkan serta sudah akrab bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Khusus untuk HIV/AIDS pemerintah terus memperbaiki segala elemen yang berkaitan dengan pengobatan penyakit ini, dimulai dari laboratorium, tatalaksana penanganan, fasilitas kesehatan, serta tenaga medis.

4. Kematian Bayi

Kasus dari kematian bayi biasanya dikarenakan oleh asupan nutrisi yang kurang selama masih dalam kandungan, sementara kematian pada balita hingga remaja biasanya disebabkan oleh penyakit infeksi seperti TBC, diare, kecelakaan, serta gaya hidup yang tidak sehat bagi remaja.
Adanya pendidikan kesehatan secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat guna mencegah penyakit-penyakit yang akan merenggut nyawa anda.

5. Kematian Ibu

Biasanya kasus kematian ibu lebih banyak ketika mereka melahirkan. Indonesia masih dapat dikatakan tertinggal dalam hal angka kematian ibu dimana pada tahun 2015 mencapai 305 kasus per 100 ribu kelahiran. Biasanya para ibu melahirkan akan meninggal ketika mereka menderita perdarahan akur, eklampsia atau kejang karena hipertensi, aborsi, hingga infeksi pada kehamilan.

Cara Merawat Tubuh Dengan Baik

6. TBC ( Tuberkulosis)

Data dari WHO menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan penderita TBC terbesar kedua di dunia. Berdasarkan Rakekesnas 2018, jumlah penderita TBC di Indonesia mencapai 759 per 100.000 penduduk berusia 15 tahun ke atas.

Kemenkes tengah mencanangkan solusi penanganan TBC ini yaitu dengan peningkatan sensitivitas DX, edukasi, akses terapi MDR TBC, perbaikan sistem deteksi MDR TBC, meningkatkan kepatuha pengobatan TBC, menyelesaikan under reporting pengobatan TBC melalui pengutan PPM, peningkatan deteksi melalui pendekatan keluarga.

7. Gizi Buruk

Mal nutrisi atau gizi buruk merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Kondisi ini rentan akan dialami oleh mereka yang masih berusia anak-anak. Salah satu penyebab dari gizi buruk adalah stunting, stunting merupakan malnutrisi yang kronis dimana penderitanya mengalami gangguan pertumbuhan, dalam kata lain tinggi badan.

Biasanya stunting ini disebabkan oleh genetik, namun para orang tua harus memahami betul bahwa stunting juga bisa disebabkan oleh pola makan poker online yang salah, kurangnya asupan nutrisi yang seimbang, pola asuh anak yang tidak benar, finansial.

Spread the love
Penyakit