Perut Sakit Setelah Mengonsumsi Makanan Pedas? Ini Cara Mengatasinya

Perut Sakit Setelah Mengonsumsi Makanan Pedas? Ini Cara Mengatasinya

Bagi para pecinta makanan pedas pasti sering mengalami hal-hal ini setelah mengonsumsi makanan pedas. Seperti sakit, sensasi panas, dan sensasi melilit pada perut, bahkan bila lambung sedang tidak dalam kondisi normal, dapat mengakibatkan sakit maag. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut sakit setelah mengonsumsi makanan pedas.

Makanan Pedas

Cara mengatasi perut sakit setelah mengonsumsi makanan pedas

Pada makanan pedas mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan sebutan capsaicin. Senyawa kimia inilah yang memicu rasa sakit pada perut setelah mengonsumsi makanan pedas. Molekul senyawa ini berikatan dengan reseptor saraf yang menghantarkan sinyal nyeri menuju otak.

Pada dasarnya, dinding lambung bekerja memproduksi lendir khusus yang berguna untuk mencegah iritasi akibat senyawa capsaicin. Namun lendir khusus ini tidak dapat bekerja sesuai fungsinya jika Anda terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Hal ini yang menyebabkan perut sakit setelah mengonsumsi makanan pedas.

Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut sakit setelah mengonsumsi makanan pedas, antara lain:

  • Minum campuran lemon dan madu

Campuran perasan lemon dan madu dapat mengatasi perut sakit setelah mengonsumsi makanan pedas dan dapat juga meredakan sensasi pedas pada mulut. Madu mengandung butiran gula alami yang bersifat menyerap senyawa capsaicin, sedangkan lemon bersifat asam yang dapat menetralisasi senyawa capsaicin dengan cara mengikat molekulnya. Jika Anda memiliki penyakit lambung, sebaiknya berhati-hati mengonsumsi minuman ini.

  • Mengonsumsi makanan dan minuman pelarut capsaicin

Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengurangi efek capsaicin pada tubuh. Pada dasarnya senyawa capsaicin dapat larut dalam lemak. Cobalah melarutkan senyawa ini dengan susu full-fat, yogurt, selai kacang, dan sedikit minyak zaitun. Adapun nasi dan roti yang mampu menyerap senyawa ini dengan baik.

  • Menggunakan kompres hangat

Anda dapat menggunakan heating pad, botol yang diisikan air hangat, serta kain yang telah dibasahi air hangat untuk mengompres perut. Kompres hangat tidak dapat langsung mengatasi sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas, namun dapat membantu mengalihkan rasa sakit dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan karena sensasi hangat yang dihasilkan.

  • Minum teh chamomile

Teh chamomile sering sekali disarankan untuk mengatasi beberapa penyakit, seperti sakit kepala, susah tidur (insomnia), diabetes, serta masalah pencernaan akibat mengonsumsi makanan pedas. Teh chamomile mengandung senyawa yang dapat meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan merilekskan otot saluran pencernaan. Teh ini juga dapat mencegah menurunkan produksi asam lambung akibat mengonsumsi makanan pedas.


  • Minum air rebusan jahe

Jahe mengandung senyawa antiradang yang dapat meringankan keluhan sakit perut, perut kembung, diare, mual (muntah), dan Irritable Bowel Syndrome (IBS). Sehingga dipercaya secara turun menurun sebagai bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah pada perut. Anda dapat mengonsumsi jahe dengan berbagai cara seperti dicampur dengan teh atau merebusnya dengan air, serta dapat berupa suplemen dan permen.

Baca Juga : Tips Merawat Rambut Pendek Agar Tetap Cantik Berkilau

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas, karena dapat menimbulkan masalah pada lambung Anda. Jika rasa sakit pada perut Anda tidak berkurang, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sehingga kondisi ini tidak menimbulkan penyakit serius lainnya.

Spread the love
Info Sehat